Senin, 28 November 2011

BISNIS SECARA FRANCHISING

BISNIS SECARA FRANCHISING

Nama : Fenita
Kelas : 1EB12

Franchise adalah duplikasi bisnis yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang akan membeli bisnis franchise tidak perlu lagi bersusah payah menjalankan bisnis ini dari awal dan tidak perlu harus jatuh bangun untuk memulai bisnis ini. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis yang memang telah teruji keberhasilannya. Dengan kata lain bisnis secara franchising adalah bisnis yang secara tidak langsung awalnya telah berjalan dan kita yang membeli bisnis franchising ini tinggal hanya meneruskan da mengembangkan bisnis yang sudah ada sebelumnya.


Perbedaannya diantara bisnis lainnya dengan bisnis franchising adalah jika di bisnis lain seorang pebisnis pasti pada awal membuka usaha harus mengalami jatuh bangun dalam mencapai kesuksesan usahanya, serta kerja keras yang harus dilakukan misalnya untuk memasarkan produk yang diperdagangkan atau berusaha untuk membuat usaha sedemikian menarik agar dapat menarik para konsumen untuk senantiasa tertarik dan membeli prodik tersebut dan usaha keras dari para pebisnis untuk tetap mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Sedangkan untuk bisnis franchising itu sendiri berbeda sekali dengan bisnis lain seprti yang telah dijelaskan di atas karena bisnis franchising itu merupakan bisnis yang sudah ada dan berjalan dengan sukses nah kita yang membeli bisnis ini tugas dari kita sebagai pebisnis juga tinggal hanya meneruskan keberhasilan yang telah dicapai saja dengan tanpa mengalami jatuh bangun dalam usaha.


Keunggulan bisnis secara franchising itu dilihat dari dua sisi yaitu, yang pertama dari sisi sebagi franchisee atau orang yang membeli bisnis secara franchising. Di sini sebagi franchisee untuk memulai bisnisnya hanya tinggal memulai dan tanpa bersusah payah merintis dari awalkarena mulai dari mereknya. Produk yang dijual dan sistemnya sudah dikerjakan oleh franchisornya. Kalau di lihat apabila kita membangun bisnis biasa atau yang bukan franchising tentunya akan mengalami jatuh bangun terlebih dahulu seperti pada bagaimana membuat mereknya yang menjual, bagaimana mempromosikan produk yang dijual, disukai atau mempunya nilai yang tinggi, bagaimana membuat konsep booth atau gerai agar menarik, bagaimana melatih sumber daya manusia yang ada, dsb. Di mana pertanyaan-pertanyaan di atas telah di jawab dan telah dilakukan oleh franchisor di dalam bisnis secara franchising sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk memikirkan semua hal itu.


Kedua dilihat dari sisi franchisor, keunggulan bisnis secra franchising merupakan sarana pengembangan bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar, berbeda kalau kita membuat booth atau gerai sendiri tentunya pasti memerlukan modal yang tidak sedikit. Karena keunggulan bisnis secara franchising telah banyak diketahui oleh banyak orang maka ini dapat menjadi sebuah cara yang efektif sebagai mekanisme penetrasi pasar sehingga semakin banyak jumlah franchisee nya itu juga akan berdampak pada akan semakin kuat jaringan bisnis secara franchising ini yang di miliki oleh franchisor nya.


Bagaimana caranya menjalankan bisnis secara franchising agar tetap menghasilkan citra yang baik bagi para pebisnis, berikut diuraikan bagaimana caranya . Pertama baik bagi franchisee maupun bagi franchisornya harus paham betul apa itu bisnis secra franchising secara menyeluruh. Karena dengan memahami bisnis secara franchising ini secara menyeluruh diharapkan bisnis franchising ini masing-masing akan menjadi lebih baik dan dapat bersifat mutualisme yaitu sifat saling menguntungkan baik bagi si franchisee maupun bagi franchisornya.


Franchising atau disebut juga pewaralabaan hakekatnya adalah sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat. Dengan demikian disini franchising itu bukanlah sebuah alternative melainkan salah satu cara yang sama kuatnya , sama strategisnya dengan cara konvensional dalam mengembangkan usaha. Bahkan bisnis secara franchising ini dianggap memiliki banyak kelebihan terutama menyangkut pendanaan, SDM dan management, kecuali kerelaan pemilik merk untuk berbagi dengan pihak lain. Di dalam dunia pebisnis , bisnis franchising ini juga dikenal sebagai jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumennya melalui tangan-tangan franchise. Banya para pebisnis yang beralih dari bisnis yang biasa menjadi bisnis secara frinshising karena bisnis ini telah banyak terbukti keunggulan dan keberhasilannya di dunia bisnis.


Di Indonesia sendiri bisnis secara franchising ini dikenal sejak era 70an ketika masuknya Shakey Pisa, KFC, dsb. Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995 . Data Deperindag pada 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di Indonesia. Setelah itu , bisnis secara franchising ini mengalami kemerosotan karena terjadinya krisis moneter namun itu tidak dapat mematahkan semangat para franchisor untuk tetap berkaya dan berkembang dalm bisnis ini. Dengan kemampuan inovatif dan kreatif para franchisor nya kini bisnis ini meningkat lagi bahkan bertambah pesat perubahan kenaikannya.


Franchise pertama kali dimulai di Amerika oleh Singer Sewing Machine Company, produsen mesin jahit Singer pada tahun 1851. Pola yang pertama kali di lakukan oleh perusahaan ini di Amerika kembali diikiuti juga oleh perusahaan otomotif General Motor Industry yang melakukan penjualan kendaraan bermotor dengan menunjuk distributor franchise pada tahun 1898. Selanjutnya diikuti pula oleh perusahaan-perusahaan soft drink di Amerika sebagai saluran distribusi di AS dan Negara-negara lain. Sedangkan di Inggris waralaba dirintis oleh J Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg pada decade 60an .


Masing-masing disini memiliki pengertian tentang apa itu bisnis secara franchising. Amerika melaui International Franchise Association (IFA) mengatakan franchise sebagai hubungan kontaktual antara franchisor dengan franchisee, dimana franchisor itu berkewajiban menjaga kepentingan secara kontinyu pada bidang usaha yang dijalankan oleh franchise misalnya lewat pelatihan, di bawah merek dagang yang sama , format dan standart operasional atau kontol pemilik (franchisor), dimana franchisee menamakan investasi pada usaha tersebut dari sumber dananya sendiri
Sedangkan menurut British Franchise Association merupakan sebagi lisensi kontraktual satu orang (franchisor) ke pihak lain (franchisee) dengan:
• Mengijinkan atau meminta franchisee menjalankan usaha dalam periode tertentu pada bisnis yang menggunakan merek yang dimiliki oleh franchisor.
• Mengharuskan franchisor untuk melatih control secara kontinyu selama periode perjanjian
• Mengharuskan franchisor untuk menyediakan asistensi terhadap franchisee pada subjek bisnis yang dijalankan di dalam hubungan terhadap organisasi bisnis secara franchising seperti training terhadap staff, merchandising, managemen atau yang lainnya.
• Meminta kepada frinchise secara periodic selama masa kerjasama waralaba untuk membayarkan sejumlah fee franchisee atau royalty untuk produk atau service yang disediakan olrh franchisor kepada frandchisee.

Dan sejumlah pakar lainnya pun ikut mendefinisikan tentang bisnis secara franchising. Selai dari definisi para pakar asing di Indonesia juga berkembang definisi franchise. Salah satunya seperti yang diungkapkan LPPM ( Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Managemen), yang mengadopsi dari terjemahan kata franchise. LPPM mengartikan bisnis franchise sebagai usaha yang memberikan laba atau keuntungan sangat istimewa sesuai dengan kata tersebut yang berasal dari wara yang berarti istimewa dan laba yang berarti keuntungan.


Dan dari semua pengertian dan definisi masing=masing pakar dapat disimpulkan bahwa bisnis secara franchising ini begitu banyak diminati oleh kebanyakan orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Bukan hanya bisnis di luar negeri tetap di Indonesia sendiri pun mulai banyak melirik bahkan sudah banyak yang menjalankan bisnis franchising ini. Karena caranya yang mudah dengan hanya meneruskan hasil kerja dari si franchisor dengan keberhasilan yang sudah dapat dipastikan serta keuntungan besar yang sangat menggiurkan membuat bisnis ini banyak dipaki di dunia bisnis saat ini. Dibanding dengan bisnis lain yang banyak terdapat risiko dan usaha yang melelahkan franchising ini dapat mengobati sector pereonomian dan rasa bosan juga lelah untuk menjalankan bisnis yang bukan franchising. Kali ini bisnis ini dapat menjadi pilihan utama dalam berbisnis.

Minggu, 27 November 2011

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE

Saat ini seiring dengan kemajuan IT atau teknologi khususnya di Indonesia,itu juga mempengaruhi perkembangan bisnis online yang diikuti dengan perkembangan kebutuhan akan website yang semakin meningkat. Dari tahun ke tahun banyak instansi,perusahaan,pemerintahan,maupun usaha personal yang lebih memilih promosi usaha lewat internet.Hal itu dikarenakan bisnis online yang ditawarkan melalui websiteitu merupakan salah satu kekuatan brand bagi dunia usaha.Bisnis online dapat meningkatkan nilai penjualan dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.Survey membuktikan tren onlinemarketing di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian disusul dengan adanya www.google.com. BIsnis online pada saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok.Kini orang-orang tidak perlu repot dalam berbelanja atau bertransaksi sebab itu semua telah disediakan dalam bisnis online.Di sini bisnis online menawarkan berbagai macam barang maupun jasa dengan berbagai macam tawaran yang menarik.Promosi produk secara online telah menjadi pilihan tepat saat ini,disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosialisasi produk untuk skala global.Di Indonesia kini banyak sekali situs yang mulai go international,situs tersebut ada yang berbentuk bisnis online,ada juga semi online maupun offline namun menggunakan pemasaran secara online.Dengan kata lain bisnis online sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia internasional.

Tidak sedikit orang-orang yang lebih memilih berbelanja lewat bisnis online,dikarenakan bisnis online menyediakan kemudahan bagi para sasaran target yaitu pelanggan dari masyarakat luas akan lengkapnya informasi serta keuntungan lainnya yang mrereka tawarkan kepada pelanggan,sehingga membuat para pelanggan tertarik untuk ikut bertransaksi di bisnis online. Namun tidak sedikit pula pelanggan yang tidak percaya akan kejelasan dari bisnis online karena seringkalioknum-oknum yang tidak bertanggung jawabjuga beraksi di bisnis online ini.Jadi dapat disimpulkan disini bahwa bisnis online pun dapat dipandang dari dua sisi yaitu dari sisi positif dan sisi negatif.Itu sebabnya sebagai pelanggan kita harus cermat mengamati bisnis online yang sedang kita jalankan.Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com,walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi terlihat keseriusan untuk memajukan bisnis onlinedi Indonesia,itu semua diwujudkan dengan cara menjadi wadah bagi para online marketer atau para pebisnis online.

Disini bisnis online dapatmenjadi pekerjann sampingan yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama.Hal ini jugalah yang menjadikan bisnis online di minati oleh kalangan pebisnis.Karena bisnis online dapat dijadikan investasi masa depan yang sudah siap sepenuhnya menjadi wirausaha yang tangguh.Bisnis online tidak terlepas dari dunia TI,karena bisnis online dimulai dari perkembangan TI terutama yang namanya internet sehingga banyak muncul bisnis online di Indonesia.Disini para pengguna bisnis online menggunakan perangkat lunak untuk chatting seperti yahoo massanger untuk bertransaksi dan sebelum masuk ke yahoo massanger terlebih dahulu dimulai dari suatu blog atau forum yang menawarkan barang dan jasa lalu di forum atau blog tersebut memasang baner berupa logo YM agar ketika suatu saat ada calon konsumen yang tertarik itu dapat memastikan lebih jauh dan menunjukkan keseriusan dalam bertransaksi kepada penjual selain menggunakan handphone untuk sms atau telepohone.Tidak menutup kemungkinan juga bagi para pebisnis online yang telah masuk ke dalam skala bisnis besar memanfaatkan video conference sebagai sarana untuk berkomunikasi serta mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan pengeluaran biaya transportasi dan waktu yang terbuang dalam perjalanan.

Bisnis online itu sebenarnya sama halnya saja dengan bisnis lainnya yaitu sama-sama membutuhkan kerja keras dan kemampuan kreatif yang tinggi sehingga banyak menarik perhatian dari para konsumen.Bagi penjual sebenarnya bisnis online ini sangat menguntungkan selain media promosi yang mudah karena melalui internet selain itu juga bisnis online ini lebih unggul dibandingkan dengan bisnis lain dikarenakan jika dalam bisnis lain konsumennya itu hanya sebatas daerah setempat saja tetapi bagi para pelaku bisnis online itu dapat memperoleh konsumen bukan saja di dalam daerah tapi bisa sampai dari luar daerah bahkan sampai luar negara.

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis online adalah alternative yang menggiurkan:
Pertama,nilai investasi relative rendah,investasi utama hanya untuk barang yang dijual,tidak perlu biaya besar untuk membangun toko ataupun sewa lapak tahunan.Kedua,modal kerja utama hanyalah sambungan internet,komputer,serta barang dan jasa yang ditawarkan.Ketiga,resiko investasi bisnis online pun rendah,pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling pas dan cara yang terbaik untuk memasarkan bisnisnya.Keempat,jumlah pengguna yang sudah mencapai 45 juta pengguna yang dimana di dalamnya terdapat potensi pelanggan yang juga berjumlah hingga jutaan orang.Kelima,biaya pendirian toko rendah bahkan ada platform e-commerce yang sama sekali tidak membebankan biaya registrasi ataupun pendirian toko.

Disini bisnis online memiliki pilihan metode pemasaran yang beragam,Sehingga untuk para wirausahawan itu semakin pintar dalm memanfaatkan bisnis secara online ini.Bisa dilihat diatas berbagai kemudahan dan keuntungan yang di dapatkan dari berbisnis secara online yang dapat membuat kita tergiur untuk ikut masuk juga dalam bisnis ini.Selain mudah bisnis ini telah terbukti sangat menyenangkan. Karena selain bisa bertransaksi di sini juga kita bisa dapat menjalin hubungan baik satu sama lain dengan berbagai macam pelanggan baik yang dari dalam dan luar daerah maupun dari dalam dan luar negeri.

Disini akan dijelaskan berbagai kemudahan dari bisnis secara online antara lain:
Platform e-commerce yang biasa di dayagunakan adalah multiply.com,yang saat ini multiply fokus pada pengembangan wirausahawandi Indonesia khususnya bagi mereka yang mulai tertarik pada bisnis online.Multiply kini juga sudah menjadi tujuan jualan online dimana tersedia beragam barang dan jasa yang di tawarkan dan dengan jutaan calon pembeli.Dengan perkembangan kegiatan jual beli yang begitu pesat bersama dengan platform tersebut yaitu platform e-commerce maka tampillah infrastruktur dan fitur yang komprehensif namun gratis untuk digunakan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis online sang penjual serta mempermudah proses berbelanja.

Terakhir bisnis online di sini dapat menjadi bisnis utama di era yang semakin globalisasi ini dimana semua kegiatan itu dilakukan melalui komputer dan khususnya melalui internet.Bisnis online adalah bisnis yang saling menguntungkan baik bagi pihak pembeli maupun penjual,disini pembeli dapat dengan mudah memesan barang atau membeli barang secara online dan bagi penjual pun bisnis ini tentu menguntungkan dikarenakan rendahnya biaya promosi dan banyaknya konsumen yang melihat promosi yang dilakukan penjual karena melalui internet sehingga banyak membuka peluan untuk para konsumen membeli.Jejaring sosial seperti facebook juga dapat dipakai sebagai ajang berbisnis online,disebabkan facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai macam daerah.

Walau bisnis online selalu diikuti dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang di dapatkan namun tetap saja dalam berbisnis online pun diperlukan kejelian dan kreativitas yang tinggi,berpikir yang selalu inovativ, dan kewaspadaan terhadap berbagai penipuan melalui bisnis online.Hal ini bukan hanya bagi pihak pembeli tetapi juga berlaku untuk pihak penjual agar dalam menjalankan bisnis tidak ada pihak yang merasa di rugikan sendiri.Bisnis online kini sudah dapat di uji kebenaran nya dan telah menjadi bisnis yang secara tidak langsung menjadi pilihan utama dalam berbisnis di zaman ini.