Kamis, 22 Maret 2012

Tugas softskill perekonomian indonesia

FENITA 1EB12
22211809

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Kenaikan Listrik

Tentang masalah ini, pendapat saya sebagai mahasiswi Fakultas Ekonomi yang memang sebagian besar itu membahas tentang keadaan perekonomian di Indonesia adalah bahwa kebijakan pemerintah untuk menaikkan Bahan Bakar Minyak atau yang sering kita sebut BBM dan kenaikan listrik adalah sebuah keputusan yang tidak bijak. Mengapa tidak bijakk??Itu disebabkan karena kebijakan tersebut tentu akan semakin memberatkan masyarakat khususnya bagi masyarakat di urutan menengah-rendah. BBM dan listrik ini merupakan 2 hal pokok yang sangat penting untuk semua masyarakat sehingga sangat sulit untuk pemeintah menaikkan harga BBM dan listrik ini begitu saja. Sebab dampak dari kenaikan BBM dan listrik ini juga akan berpengaruh kepada naiknya bahan pokok lainnya yang semakin menekan masyarakat, seperti naiknya harga beras, cabai, bawang, gula, dsb.
Kalau dapat di lihat menurut sudut pandang saya yang di dapat dari berita-berita di TV yaitu bahwa kenaikan harga BBM khususnya di sebabkan bukan karna adanya kelangkaan melainkan banyak kasus kelalaian dari pemerintah untuk beberapa kasus mengenai penimbunan bahan bakar premium oleh sejumlah masyarakat. Komentar saya mengenai hal ini adalah keteledoran serta kurangnya pengawasan dari pemerintah khususnya tentang masalah penimbunan ini. Disini pemerintah lamban untuk menindaklanjuti masalah ini serta kurang tegasnya hukum yang ditegakkan sehingga bagi masyarakat atau oknum-oknum tertentu yang hanya memikirkan keuntungan pribadi atau pun kelompok mempunyai kebebasan untuk melakukan tindakan kriminal seperti menimbun bahan bakar premium yang memang seharusnya sudah menjadi hak bagi semua masyarakat.
Saran saya kepada pemerintah untuk kenaikan harga BBM dan listrik adalah
1. Sebaiknya pemerintah memikirkan ulang kebijakan tersebut sebab hal ini akan menambah beban bagi masyarakat khususnya di kalangan menengah – rendah. Kita semua sudah mengetahui bagaimana keadaan rakyat indonesia sebelum kenaikan BBM dan apabila BBM benar-benar akan dinaikan maka bisa dipastikan tingkat kemiskinan di indonesia itu semakin besar, meskipun di satu sisi dikatakan pemerintah akan memberikan kembali subsidi yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat, tetapi menurut saya ini pun tidak lah akan menjadi solusi yang baik bagi masyarakat sebab kalau di lihat dari tahun-tahun sebelumnya pemerintah pun menjanjikan BLT kepada masyarakat namun banyak dari masyarakat yang tidak menerima BLT tersebut, hal ini perlu dipertanyakan kepada pemerintah mengenai kinerja dari anggota-anggota pemerintah baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

2. Kemudian saya berharap kepada pemerintah untuk semakin menghemat pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting yang tentu saja tidak meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mulai mencoba bagi pemerintah untuk benar-benar mewujudkan asas dari negara Indonesia yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sebab menurut saya suatu negara dapat dikatakan berhasil apabila kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di dalam ne3gara tersebut terjamin.



3. Selanjutnya saran saya untuk masalah terkait kebijakan pemerintah menaikikan harga BBM dan listrik adalah untuk pemerintah sigap dan mencari solusi terbaik yang tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja melainkan mencari sebuah keputusan yang telah menjadi mufakat dari masyarakat luas sehingga hal ini memicu masayrakat untuk dapat bekerja sama menangani masalah ini.Kembalikan citra pemerintah Indonesia di depan masyarakat dengan cara mengikutsertakan masyarakat dalam berbagai aspek. Serta memberikan kesempatan bicara dan kesempatan berpendapat bagi semua masyarakat Indonesia sebab hal ini menjadi aspirasi untuk masyarakat dapat terbuka dengan pemerintah dan begitu juga dengan pemerintah dapat mencurahkan segala sesuatu yang terjadi kepada masyarakat.


Dalam pidato nya Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat Presiden negara Indonseia angkat bicara mengenai kenaikan harga BBM dan listrik. Beliau mengatakan bahwa keputusan pemerintah terkait dengan masalah ini itu merupakan salah satu cara untuk lebih meningkatkan keadaan perekonomian di Indonesia. Namun banyak dari masyarakat yang menentang dengan keras alasan pemerintah semacam itu, oleh sebab itu banyak dari para masyarkat yang melakukan aksi demo untuk menentang keputusan pemerintah tersebut. Aksi demo ini terus berlangsung ramai dan ini merupakan salah satu cara masyarakat untuk mengeluarkan pendapat mereka namun hal ini dapat juga membahayakan jika sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan.

Jadi di sini menurut pendapat saya adalah sebaiknya pemerintah membuat suatu pertemuan yang menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat untuk dapat saling bermufakat untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Sebagai yang kita ketahui bahwa Indonesia itu menganut satu asas yaitu demokrasi sehingga permusyawarahan sudah seharusnya di lakukan sehingga antara pemerintah dengan masyarakat pun dapat saling mencurahkan isi hati dan keinginan masing-masing serta mencoba untuk saling bekerja sama dan bahu membahu untuk menyelesaikan masalah perekonomian di Indonesia, sebab baik pemerintah maupun masyarakat tidak dapat bekerja sendiri-sendiri sehingga perlunya rasa persatuan dan kesatuan di Indonesia untuk pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia lebih dan lebih di tingkatkan lagi.

Inti dari tema mengenai kenaikan harga BBM dan listrik ini adalah mengenai bagaimana pemerintah maupun masyarakat menyikapi segala masalah yang ada dan menurut saya di sini menyelesaikan masalah adalah bukan saja tanggung jawab dari pemerintah namun juga tanggung jawab kita semua sebagai bagian dari negara Indonesia. Kibarkan kembali semangat demokrasi yang sudah sejak lama di tanamkan di Indonesia. Dan saya harap di sini semakin baik nya hubungan kekerabatan antara pemerintah dengan semua masyarakat agar kata mufakat itu dapat tercapai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar