Senin, 09 April 2012

PERAN PEMUDA DAN MAHASIWA

PERAN MAHASISWA DAN PEMUDA UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Peran mahasiswa sekaligus pemuda untuk kemajuan bangsa baik di era dulu sampai dengan era yang sekarang adalah tetap sama yaitu para pemuda dan mahasiswa sangat berperan dalam rangka memajukan bangsa. Banyak cara yang di lakukan oleh para pemuda dan mahasiswa untuk memajukan kehidupan bangsa yaitu:
• Peran mahasiswa pada tahun 1988 yaitu aksi dari para mahasiswa yang akhirnya dapat menurunkan mantan Presiden Soeharto dari jabatannya. Hal ini untuk menjaga kesejahteraan negara serta kemajuan Indonesia.
• Banyak nya mahasiswa dan pemuda di Indonesia yang mengikuti perlombaan baik di tingkat nasional maupun internasional untuk meninggikan nama bangsa.
• Sikap kritis dari mahasiswa dan pemuda dalam berbagai aspek yang menyangkut kesejahteraan masayarakat Indonesia.
• Sikap selalu ingin tahu dari para pemuda dan mahasiswa sehingga dari sikap ini lahir satu kepedulian akan kemajuan bangsa.
• Banyak dari para pemuda dan mahasiswa di Indonesia yang menciptakan banyak karya-karya yang memiliki nilai jual yang tinggi dan hal ini tentu saja akan meningkatkan kemajuan bangsa.
• Banyak dari mahasiswa yang melakukan aksi untuk menyuarakan dan menyampaikan pendapat mereka. Hal ini tidak boleh kita pandang dari sisi negatif seperti demo yang brutal namun kita juga harus melihat dari sisi positif nya yaitu bahwa para pemuda dan mahsiswa mau juga ikut serta dalam pengambilan keputusan yang di lakukan oleh pemerintah.
Dari hal-hal di atas akan masih banyak lagi peran serta pemuda dan mahasiswa yang menjadi kebanggaan untuk bangsa. Pemuda dan mahasiswa adalah tonggak bagi suatu negara untuk mencapai tujuan. Para pemuda dan mahasiswa adalah calon-calon pemimpin bangsa. Mereka adalah masa depan bangsa. Pembangunan suatu bangsa akan sangat bergantung dari bagaimana sikap dan moral dari para tokoh-tokoh muda bangsa. Dan pembangunan suatu bangsa juga akan semakin pesat jika banyak dari mahsiswa yang lulus sarjana dengan pengetahuan yang luas, kreativitas yang tinggi dan moral baik dan terpelajar yang tentu saja ikut menunjang kedua hal tersebut.
Dewasa kini banyak anggapan bahwa melakukan sesuatu untuk kemajuan bangsa adalah harus melakukan sesuatu yang besar dan menghebohkan, namun menurut saya di sini sebelum kita melakukan hal yang besar untuk bangsa kita sebagai pemuda dan mahasiswa dapat memulainya dengan hal yang kecil terlebih dahulu misalnya dengan menjaga sikap selama berdiskusi seperti apa yang baik, memiliki prestasi yang baik di kampus, ikut aktiv dalam berorganisasi buakn hanya di lingkungan tempat kita sehari-hari melakukan aktivitas tetapi dapat juga di lakukan di lingkungan, kemudian kita tahu bagaimana cara bersosialisasi yang baik seperti apa. Nah dari hal-hal kecil seperti itu lah kita mulai di latih secara perlahan untuk menuju kepada sesuatu yang besar dan kita juga bisa langsung dapat mempraktekan apa yang telah kita dapat dan pelajari selama di kampus maupun di lingkungan kita untuk kita juga terapkan di kehidupan masyarakat luas sehingga dari hal ini lah kita dapat meningkatkan kemajuan bangsa.
Selain itu kehadiran para pemuda dan mahasiswa ini penting untuk kemajuan bangsa adalah karena negara membutuhkan ide-ide serta solusi-solusi yang masih fress dan segar untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada di dalam suatu negara. Selain itu para pemuda dan mahasiswa adalah calon-calon Sumber Daya Manusia yang di butuhkan negara untuk memperbaiki setiap kekurangan yang ada dalam masalah SDM ini. Sebab kualitas SDM yang baik, berwawasan luas serta berintelektual itu sangat di butuhkan oleh suatu bangsa di era seperti ini khusus nya untuk bangsa kita sendiri yaitu Indonesia. Betapa kualitas dari SDM itu sangatlah penting dalam memajukan pembangunan di Indonesia dan oleh para pemuda dan mahasiswa lah SDM yang di inginkan dan di butuhkan oleh negara itu dapat di capai.
Inti nya peran serta pemuda dan mahasiswa dalam kemajuan bangsa adalah sangat besar. Mereka adalah generasi penerus bangsa di mana bangsa menggantungkan kelangsungan hidup suatu negara oleh peran dan kreativitas para pemuda dan mahasiswa. Tonngak keberhasilan suatu bangsa ada di tangan para pemuda dan mahasiswa yang tentunya banyak melakukan sesuatu baik yang besar maupun yang kecil hanya untuk kemajuan bangsa. Jiwa dan tekat mereka yang kuat itu juga yang mendorong para pemuda dan mahasiswa Indonesia baik di era dulu maupun yang sekarang memiliki pribadi yang tangguh, kuat dan tidak mudah menyerah. Dan hal inilah yang menjadi kekuatan bagi suatu bangsa. Nasib bangsa ada di tangan para pemuda dan mahasiswa nya, sebab itu perilaku, kreativitas dan pengetahuan yang memadai untuk setiap pemuda dan mahasiswa itu sangat menentukan bagaimana masa depan bangsa.
Alasan mengapa peran dari para pemuda dan mahasiswa itu sangat penting dalam kemajuan suatu negara adalah
• Sifat dari pemuda dan mahasiswa yang selalu ingin tahu dan tidak pernah apatis mengenai semua aspek yang berkaitan dengan lingkungan sosial di sekeliling nya. Dan negara sangat memerlukan sifat pemuda yang selalu ingin tahu tentang hal baru dan hal ini dapat meningkatkan kemajuan negara untuk setiap ide-ide baru dari para pemuda dan mahasiswa.
• Sifat pemuda dan mahasiswa yang dapat dengan mudah menerima hal-hal baru. Hal ini penting untuk menambah wawasan dari para pemuda dan mahasiswa untuk kemudian mereka membandingkan dengan hal-hal yang sudah ada dalam kehidupan sosial mereka.
• Mereka mampu berperan aktif dalam berbagai aspek pembangunan nasional, banyak hal yang dilakukan oleh para pemuda dan mahasiswa seperti pengembangan seni dan budaya, pengembangan IPTEK dan dalam pengelolaan lingkungan hidup.
Dari hal-hal di atas dapat di simpulkan bahwa memang baik di era dulu maupun sekarang peranan para pemuda dan mahasiwa untuk kemajuan bangsa itu sangatlah penting. Negara tanpa pemuda dan mahasiswa dapat di pastikan tidak akan dapat dengan mudah mengalami kemajuan. Para pemuda dan mahasiswa adalah generasi penerus bangsa. Mereka lah yang menentukan bagaimana negara itu dapat berjalan serta masa depan negara juga ada di tangan para pemuda dan mahasiswa.
Untuk itu kebebasan berpendapat bagi para pemuda dan mahasiswa sangat lah penting, negara sebaiknya banyak memberikan kesempatan kepada para pemuda dan mahasiswa untuk dapat berpendapat sebebasnya serta sebaiknya negara juga menjadi wadah bagi para pemuda dan mahasiswa untuk sebebas-bebas nya berkreativitas dan sepenuhnya pun negara mendukung setiap apa yang di lakukan oleh para pemuda dan mahasiswa selama hal itu positif. Selain itu negara juga harus dapat memberikan perlindungan kepada para pemuda dan mahasiwa untuk seluas-luasnya mengeluarkan isi hati mereka untuk berkarya misalnya seperti penumbuhan kesadaran akan hak dan kewajiban dalam bernegara, penyelenggaraan olah mental pemuda, pendidikan berwawasan kebangsaan, dsb. Maju para pemuda dan mahasiswa Indonesia !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar