Senin, 28 Mei 2012

Fenita 1EB12 MAKNA SUKSES Sukses menurut pendapat saya adalah satu keberhasilan dalam manifestasi kehidupan dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Sukses tidak selalu dipandang dari segi materi tetapi dapat juga dipandang dalam konteks naiknya harga diri seseorang dan kepuasan batin dari seseorang. Sukses itu tidaklah instan tetapi melalui berbagai proses. Ada pepatah mengatakan “bersakit-sakit dahulu berenang-renang ketepian” hal ini adalah pepatah yang sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalani proses dari kesuksesan itu sendiri. Seseorang tidak dengan mudah begitu saja sukses tanpa adanya usaha yang keras. Suskses membutuhkan proses yang tidak singkat tetapi jika memang kita tekun dan mau taat akan proses tersebut maka waktu tidak lah akan jadi penghalang untuk mencapai kesuksesan itu sendiri. Sukses adalah suatu keberhasilan seseorang dalam berbagai macam hal, bisa sukses dalam bekerja, belajar, mengalahkan phobia dan masih banyak hal lainnya. Ketika seseorang telah mencapai apa yang dicita-citakan nya dari kecil mungkin bagi orang itu ia telah sukses dalam mencapai cita-citanya tapi apakah kesusksesan itu hanya berhenti sampai di situ??? Saya rasa tidak. Pastinya orang tersebut ingin lebih lagi untuk meningkatkan hasil yang sudah ia capai, dalam arti sukses itu adalah salah satu rasa dan pencapaian akan ketidakpuasan seseorang dalam menilai hidupnya. Kita tahu setiap manusia tidaklah akan pernah puas akan apa yang sudah dicapainya hal ini lah yang membuat arti sukses itu berkembang menjadi satu kata yaitu ketidakpuasan. Berbagai macam pengertian sukses itu semua bergantung kepada pribadi masing-masing di mana mereka melihat dan menilai kehidupan mereka sudah amat teramat cukup dan memuaskan. Jika mereka selalu berpandangan tidak dan belum cukup maka sukses belum dapat mereka raih sebab mereka akan terus berjuang untuk hidup yang lebih baik lagi sampai keadaan menjadi sudah sangat cukup dan itulah sukses untuk mereka. Rasa tidak puas dari seseorang itu yang kadang membuat arti sukses jauh dalam kehidupan seseorang. Sukses selalu dipandang dari materi dan status ekonomi yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya, jika orang tersebut telah dapat menilai kehidupannya sudah sangat cukup dan menjalani apa yang telah ia capai mungkin hal ini bisa dikatakan sukses karena orang tersebut telah mencukupi diri dan kehidupannya dengan apa yang sudah ada dan yang telah dicapai namun jika dipandang dari sudut pandang seseorang yang tidak pernah puas akan apa yang sudah ia capai maka saya dapat pastikan orang itu belum bisa mengatakan bahwa ia telah sukses karena hal tersebut di atas dan untuk hal itu ia akan terus berusaha untuk lebih lagi dalam menghasilkan suatu pencapaian hanya untuk memperoleh kata kepuasan yang sesuai dengan tingkat rasa puas yang di miliki oleh orang tersebut. Itulah sukses menurut ukuran, porsi dan pandangan dari mereka. Yang kalau di lihat sangat jauh berbeda dengan seseorang sebelumnya yang sudah merasa sangat cukup dalam arti sudah sangat puas dengan apa yang sudah dapat ia capai dan hanya tinggal menikmati hasil dari proses yang ia telah jalani sebelumnya. Sukses disini saya terinspirasi dari kutipan makna sukses oleh Jim Rhon beliau mengatakan bahwa “satu bentuk kedewasaan manusia yang terbesar ditunjukkannya pada saat panen yaitu dengan cara tidak mengeluh bila hasilnya kecil atau sedikit dan tidak merasa bersalah ketika hasilnya luar biasa banyak” Dari kutipan di atas saya terinspirasi bahwa sukses itu adalah bagaimana cara seseorang untuk dapat tetap bersyukur dan tetap menerima apapun yang telah menjadi hasil dari apa yang telah diusahakan sebelumnya baik hasil itu baik ataupun tidak. Seseorang dapat bertumbuh pada level selanjutnya jika seseorang tersebut telah dapat mengatakan kepada dirinya sendiri bahwa ia telah sukses dan berhasil dalam level yang sedang ia jalani. Untuk saya pribadi sukses adalah ketika saya mencintai apa yang saya sedang lakukan dan saya merasa itu adalah sebuah kesenangan dan kebahagiaan tanpa beban dan saya telah berhasil menerapkan apa yang saya cintai itu dalam kehidupan saya. Jika saya di beri pilihan yang menggiurkan mengenai sesuatu namun hal itu tudak saya sukai dan cintai maka dengan tegas saya akan menolak tawaran itu sebab saya tidak dapat melakukan sesuatu hal apapun yang tidak saya cintai dan sukai atau berusaha untuk mencintai sesuatu itu karena hal ini sulit bagi saya. Tentu saya akan lebih memilih untuk tetap bertahan pada apa yang saya cintai dan mencoba melakukan yang terbaik. Dan intinya makna sukses itu sangat luas tidak hanya di pandang dari sudut materi saja tapi bisa mencakup pada semua aspek kehidupan kita baik sebagai mahkluk sosial, ekonomi, agama, budaya, dsb. Mari kita mulai kesuksesan itu sendiri dari dalam diri kita kemudian hal ini boleh terpancar dan dapat menjadi sumber berkat untuk orang lain juga dapat meraih kesuksesan itu seperti kutipan dari Napoleon Hil “adalah benar sekali bahwa cara tercepat dan terbaik untuk anda dapat sukses adalah dengan membantu orang lain untuk mencapai sukses”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar