Rabu, 12 Desember 2012

Praktek Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Koperasi : Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Kesehatan Kabupaten Jepara



REVIEW 4
Praktek Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Koperasi : Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Kesehatan Kabupaten Jepara
Oleh:
Widodo Ramadayanto
(Simpulan)
          Nama: Fenita
NPM : 22211809
           Kelas: 2EB09

VI. Simpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab-bab sebelumnya dapat diambil beberapa kesimpulan:
1. Basis akuntansi yang digunakan adalah campuran antara basis kas dengan basis akrual. Basis kas digunakan untuk mencatat pendapatan. Namun sebagian besar masih menggunakan basis kas. Penggunaan tersebut menyebabkan perbedaan jumlah pendapatan dengan jika memakai basis akrual terutama terjadi unit usaha simpan pinjam tidak adanya pengakuan bunga secara akrual pada akhir tahun.
2. Metode pembukuan penjualan kredit sepeda motor menghasilkan jumlah pendapatan yang sama. Jumlah pendapatan tersebut sama karena pengakuan pendapatan dilakukan pada saat yang sama, yaitu pada saat kas diterima. Metode penghapusan langsung secara teoritis kurang baik karena biasanya tidak dapat menandingkan biaya dengan pendapatan pada periode yang sama. Metode tersebut menyebabkan piutang dalam neraca tidak disajikan pada perkiraan nilai yang dapat direalisasikan (estimated realizable value).
3. Pada akhir tahun KPRI tidak mengakui adanya piutang bunga. Piutang bunga pada akhir tahun muncul karena adanya pengakuan pendapatan bunga akrual. KPRI tidak mengakui adanya pendapatan bunga akrual. Bunga akan diakui jika kas diterima.
4. Secara umum, pencatatan kewajiban sudah benar. Kewajiban tersebut dicatat berdasarkan nilai nominalnya. Pengkategorian kewajiban menjadi kewajiban jangka pendek juga sudah benar. Hanya ada satu perkiraan yang lebih tepat dimasukkan ke ekuitas karena memiliki karakteristik sebagai ekuitas. Perkiraan tersebut adalah simpanan mana suka.
5. Ekuitas sebagian dicatat dengan tepat dan sebagian lagi kurang tepat. Simpanan wajib khusus, simpanan pokok, simpanan wajib, modal donasi, kompensasi simpanan anggota, dana resiko kredit, dan dana cadangan telah dicatat dengan benar. Perkiraan lainnya, yaitu simpanan pembangunan gedung, dan simpanan hari tua karyawan kurang tepat dikategorikan sebagai ekuitas karena tidak ikut menanggung resiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar